Langsung ke konten utama

Lezatnya Kuliner Tahu Jembar Manah di Sumedang

Hy hy teman BPJ.. ketemu lagi di update-tan artikelnya Dayu, oh ya. Beberapa waktu yang lalu saya habis kulineran Tahu Sumedang di tempat kuliner favorit yaitu Tahu Jembar Manah.

Nah guys, ngomong-ngomong soal Tahu Sumedang, pasti beberapa dari kalian pernah makan atau bahkan menyukai kuliner khas yang satu ini, ya kan.

Tahu Sumedang banyak dijual di luar daerahnya, apalagi di Jakarta. Saya sering melihat beberapa tempat yang menjual Tahu Sumedang sewaktu tinggal di Jakarta, entah itu di kios atau pun gerobak kaki lima. Makanan yang satu ini tuh cocok banget dijadikan cemilan untuk kumpul, cemilan untuk nonton di rumah, atau pun sebagai teman untuk ngopi.

Dari dulu saya sudah suka Tahu Sumedang, biasanya dulu saya beli makanan khas dari Sumedang ini di Stasiun atau pun di dalam Kereta. Waktu itu zaman dimana Stasiun dan Kereta masih banyak pedagang keliling.

Persiapan Menuju Tahu Jembar Manah

Di Depan Tahu Jembar Manah
Tampak Depan Tahu Jembar Manah (By: abangdayu)

Untuk menemukan Tahu Sumedang yang enak, crispy di luar, lembut di dalam, sertah gurih dan lezat, di luar daerah aslinya menurut saya agak sulit memang. Maka dari itu, pada awal bulan Februari lalu saya dan keluarga melakukan wisata kuliner ke Tahu Jembar Manah yang ada di daerah Samoja,  Kabupaten Sumedang.

Perjalanan dari rumah kami yang ada di Cileunyi Bandung, ke Tahu Jembar Manah yang ada di Sumedang. Ditempuh kurang lebih 45 menit perjalanan karena melewati jalan tol, kalau lewat jalan biasa ada kemungkinan bisa lebih dari satu jam.

Waktu itu kami berangkat dari rumah sepagi mungkin, karena selain ingin kulineran Tahu Sumedang di Tahu Jembar Manah. Kami juga ingin menikmati perjalanan dan pemandangan di tol Cisumdawu.

Berangkat Menuju Lokasi

Tol cisumdawu
Perjalanan di Tol Cisumdawu (By: abangdayu)

Setelah kami semua siap dan mesin mobil sudah dipanaskan, akhirnya kami berangkat untuk memulai perjalanan. Kami berangkat dari Bandung dan masuk tol dari gerbang tol Cileunyi lalu belok menuju tol Cisumdawu. Kami berkendara dengan santai karena sekalian ingin menikmati keindahan alam di tol Cisumdawu. Tol yang baru-baru ini dibuka sebagai akses ke Bandara Kerta Jati.

Suasana di perjalanan sedikit mendung dan berawan tetapi tidak menyurutkan niat kami untuk wisata kuliner ke Tahu Jembar Manah. Dan juga pemandangan bukit serta pegunungan menghiasi sisi kanan dan sisi kiri tol Cisumdawu ini.

Terdapat juga satu terowongan yang lumayan bagus dipandang menurut saya, saat di perjalanan. Apalagi di tol Cisumdawu ini cenderung sepi dan kendaraan yang lewat tidak seramai tol arah Kota Bandung mau pun tol ke arah Jakarta.

Setelah keluar dari tol Cisumdawu, perjalanan kami menuju Tahu Jembar Manah melewati jalan dengan pemandangan yang tidak kalah menarik. Beberapa kali kami melewati hamparan sawah di sisi kana dan kiri jalan, serta tebing yang pemandangannya memanjakan mata.

Jalan raya menuju lokasi pun cukup bagus karena masuk dalam jalan provinsi. Setelah menempuh perjalanan yang mana pemandangannya sangat memanjakan mata kami, akhirnya kami tiba juga di lokasi.

Tiba di Lokasi

Tempat Memesan Menu Tahu
Tempat Memesan Menu (By: abangdayu)

Lokasi detail Tahu Jembar Manah terletak di Jl. Samoja, Pasanggrahan Baru, Kec. Sumedang Sel, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45311. Lokasi Tahu Jembar Manah ini mudah ditemukan jika kalian mencarinya dengan google maps. Dan jalan yang ditunjukkan oleh google maps menurut saya sudah sesuai dengan jalan yang waktu itu saya lalui.

Saat tiba di lokasi kami langsung memarkirkan kendaraan, parkirannya cukup luas untuk mobil dan motor. Pada saat kami tiba ternyata parkiran sudah mulai ramai oleh mobil dan motor pengunjung. Padahal saat itu hari masih cukup pagi, sekitar jam 8 atau 9 kalau tidak salah.

Untuk memesan menu tempatnya ada di depan pintu masuk, jadi sebagian dari kami memesan menu dan sebagian lagi mencari tempat yang tentunya kami memilih tempat lesehan.

Fasilitas dan Menu Tahu Jembar Manah

Suasana Meja Lesehan Sebelah Sawah (By: abangdayu)

Di Tahu Jembar Manah ini terdapat dua tipe tempat makan, ada yang meja makannya lesehan dan ada juga yang meja makannya memakai bangku. Oh ya guys, fasilitas yang ada di Tahu Jembar Manah ini saya bilang cukup bagus dan bersih, tentunya.

Terdapat musala besar untuk kaum muslim ibadah salat, dan juga beberapa tempat untuk mencuci tangan. Lalu toilet di tempat ini juga ada lebih dari satu dan pastinya, toilet di sini menurut saya bersih dan nyaman untuk digunakan.

Setelah kami mendapatkan tempat dan sudah memesan menu di depan pintu masuk, kami sekeluarga duduk di meja lesehan yang tempatnya pas di pinggir sawah.

Menu yang kami pesan sudah pasti adalah menu utamanya yaitu Tahu Sumedang. Untuk menu lainnya yang kami pesan ada bakwan, lontong, cireng, pisang goreng, serta ketan isi oncom.

Cita Rasa Tahu Sumedangnya

Tahu Sumedang Lezat
(By: abangdayu)

Tak berapa lama akhirnya menu yang kami pesan pun tiba, selain menu yang kami pesan. Kami mendapatkan cocolan gratis seperti sambal kecap, sambal terasi, serta cuko. Lalu untuk minuman gratisnya kami medapat satu teko teh tawar hangat.

teh tawar hangat
Teh Tawar Hangat (By: abangdayu)

Untuk Tahu Sumedangnya sendiri beruukuran lumayan besar dan tentunya rasanya enak serta cocok di lidah saya. Rasa crispy di kulit tahu serta lembut dan padatnya isi tahu, dan juga gurih, menyatuh di dalam lidah ketika dikunyah.

Apalagi jika Tahu Sumedangnya dicocol dengan sambal kecap, jadi menambah rasa nikmat. Sambal kecapnya sendiri menjadi favorit saya dibanding sambal terasi dan cuko. Karena rasa pedasnya masih bisa dinikmati dan tidak berlebihan.

Untuk menu favorit saya selain Tahu ada bakwan sayur, ukurannya juga lumayan besar serta gurih dan juga renyah ketika digigit. Untuk menu lainnya juga enak, tetapi menurut saya pribadi rasanya biasa saja tidak berbeda dengan yang ada di luaran sana hehe.

Selanjutnya untuk sambal terasinya sebagai cocolan menurut saya cukup pedas di lidah. Cocok jika dicocol dengan bakwan, tetapi tidak dengan tahunya. Semua tergantung selera aja ya, hehe. Karena beda lidah pastinya beda pendapat.

Harga Menu Tahu Jembar Manah

Menu Pesanan Tahu Sumedang Jembar Manah
(By: abangdayu)

Untuk harganya sendiri menurut saya cuku murah, untuk satu buah Tahu Sumedang harganya Rp. 1000 sedangkan gorengan dan lontongnya kalau tidak salah harganya Rp. 3000 per satu buah. Untuk cocolan seperti sambal kecap, sambal terasi, serta cuko dan teh tawar hangat itu gratis.

Menikmati Tahu Sumedang sambil lesehan di pinggir sawah dengan view perbukitan yang ada di Sumedang. Menjadi momen yang tak bisa saya lupakan, dan jujur. Suatu saat saya akan kembali lagi ke tempat ini karena, selain Tahunya enak, juga view di sini sangat bagus.

Dan saya merekomendasikan Tahu Sumedang Jembar Manah ini kepada kalian, jika kalian suatu saat berkunjung ke Sumedang.

Cukup sekian cerita dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan. Dan nantikan juga cerita terbaru dari Dayu di web Backpacker Jakarta.

~Terima Kasih Sudah Membaca Sampai Habis :D

Baca Juga Artikel Dayu Lainnya:

Wisata Healing di Kebun Teh Jangkung Malabar Pengalengan

Rekomendasi Tempat Membaca Buku versi Dayu

Curug Cisurian, Wisata Eksotis di Kuningan !

Bakso Cuanki dan Batagor Serayu, Kuliner Legendaris Kota Bandung.

Hits: 5

Posting Lezatnya Kuliner Tahu Jembar Manah di Sumedang ditampilkan lebih awal di Backpacker Jakarta.



from Backpacker Jakarta https://ift.tt/N0lKEiy
via IFTTT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertolongan Pertama Jika Tersengat Biota Laut

Meningkatnya minat wisatawan dalam negeri maupun mancanegara mengunjungi Indonesia juga berdampak terhadap meningkatnya pengunjung yang menelusuri keindahan biota laut Indonesia. Selain mempersiapkan barang bawaan, kalian juga perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang bahaya yang biasa terjadi didaerah tersebut guna mencegah jikalau ada kejadian yang tak diinginkan, salah satunya seperti tersengat binatang laut. Berikut tipsnya jika kalian tersengat binatang laut: 1. Ubur-ubur Banyak spesies ubur-ubur di Indonesia, mulai yang tak menyengat hingga yang bisa menyebabkan kematian. Ikuti langkah-langkah berikut jika tersengat ubur-ubur: Tetap tenang Keluar dari air laut Hentikan sengatan Lepaskan tentakel menggunakan kartu hindari kontak langsung Basuh dengan cuka atau backing soda, jika tidak ada gunakan air laut Basuh dengan air hangat selama kurang lebih 20 menit Balut luka dengan perban Segera ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut Note!!! Hinda

Melihat Wajah Bandar Udara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara Tersibuk kedua di Kalimantan

Bandara Syamsuddin Noor adalah salah satu bandara tersibuk kedua di Kalimantan setelah Bandara Sepinggan yang ada di Balikpapan Kalimantan Timur.   Bandara Syamsuddin Noor ini berada di kota Banjarmasin yakni Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Namun sama dengan Bandara-bandara lainya dimana Lokasi Bandara Ibu Kota Provinsi berada diluar Kota karena keterbatasan lahan dan juga menghindari pusat keramaian. Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor (Inggris: Syamsuddin Noor International Airport) (IATA: BDJ, ICAO: WAOO) letaknya ada di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan atau 25 km sebelah tenggara dari pusat Kota Banjarmasin, kota terbesar di Kalimantan, dan terletak 10 kilometer selatan-barat dari pusat Kota Banjarbaru. Jujur saat saya menginjakan kaki dibandara ini sedikit terkejut mengingat ukuran bandaranya yang sangat kecil, sempit dan sudah cukup tua, hal ininterlihat dari beberapa bangunan yang terlihat usang. Bandara Sy

Keindahan Pulau Cipir Yang Mempesona

Halo sahabat traveler! Bingung mau kemana weekend ini? Buat kalian yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk berlibur, maka salah satu objek wisata ini sangat cocok menjadi bagi kamu semua. Dimana? Pulau Cipir pasti nya yang terletak di Kepulauan Seribu . Oh iya, Pulau Cipir juga dikenal dengan kata Pulau Khayangan lhoh. Untuk mengexplore tempat wisata ini hanya dibutuhkan satu hari saja dan kalian sudah bisa memanjakan diri dengan pemandangan yang eksotis mulai dari spot bagi pecinta fotography, gardu untuk melihat keseluruhan pulau dari ketinggian, serta sejarah yang tidak kalah menarik. Oh iya, jangan lupa untuk mengajak keluarga atau saudara ya guys, karena Pulau Cipir juga cocok dijadikan tempat quality time keluarga. Rute transportasi Transportasi menuju kesanapun tidak terlalu sulit, jika kalian naik busway, bisa turun di halte Rawabuaya, lalu dilanjutkan dengan menyambung mobil plat hitam ( mobil carry ) sampai di Dermaga Muara Kamal dengan biaya ongkos sebesar Rp8.000