Langsung ke konten utama

Daftar Kurikulum Sekolah Internasional yang Ada di Indonesia

Daftar Kurikulum Sekolah Internasional yang Ada di Indonesia

Penggunaan kurikulum internasional bukan hal yang asing lagi, walau di Indonesia sendiri sistem pendidikan memakai kurikulum nasional. Tetapi, sekolah swasta  khususnya bertaraf internasional diperbolehkan menggunakan kurikulum dari luar.

Pada dasarnya kurikulum internasional membebaskan untuk mempersiapkan peserta didik sekolah di luar negeri. Hal ini bertujuan agar memiliki kemampuan atau cara pandang secara global ketika sekolah di luar negeri.

Daftar Kurikulum Sekolah Internasional di Indonesia

Salah satu sistem yang digunakan pada kurikulum internasional yaitu peserta didik diperbolehkan memilih mata pelajaran yang diminati dan mampu menguasai bahasa inggris. Selain itu, kurikulum internasional menekankan pada cara berpikir kreatif agar memiliki wawasan secara internasional. Mendorong siswa untuk membangun potensinya dan menjadi manusia berkarakter. 

Adapun daftar kurikulum sekolah internasional yang umumnya digunakan sekolah di Indonesia, yaitu:

1. Kurikulum Internasional Cambridge

Kurikulum Cambridge adalah kurikulum yang berdasarkan sistem pendidikan Inggris. Sistem ini mendorong siswa agar mampu berpikir secara kritis dan analitis. Serta fokus pada perspektif internasional, metode pendidikan modern, peluang untuk studi di luar negeri, dan pendidikan bahasa inggris. 

2. Kurikulum IB (International Baccalaureate)

Sebuah program pendidikan global yang menekankan pemahaman keterampilan berpikir kritis, kreatif, kecerdasan emosional, dan intelektual. Program pendidikan ini berasal dari Jenewa mendorong siswa untuk memiliki wawasan secara global. 

Siswa juga akan mempelajari cara mengembangkan potensinya dalam berkomunikasi dengan orang-orang di berbagai negara. Oleh sebab itu, Kurikulum IB fokus agar siswa memiliki intelektual yang tinggi dan tidak luput untuk berkontribusi positif terhadap lingkungan. 

3. Kurikulum Singapura

Kurikulum Singapura atau Singapore Primary School Curriculum (SPC) terkenal dengan pendekatan yang kuat dalam Matematika dan Sains. Kurikulum dari Singapura ini untuk membangun siswa lebih fleksibel dalam pembelajaran sesuai potensi dan minat. 

4. International Primary Curriculum

Kurikulum IPC banyak digunakan sekolah swasta internasional di Indonesia. Keunggulan dari IPC yaitu pengembangan karakter dan kepribadian peserta didik. Tujuannya untuk menghasilkan siswa yang berdaya saing internasional. 

5. Kurikulum Montessori

Kurikulum montessori banyak digunakan di tingkat prasekolah dan sekolah dasar. Hal ini karena fokus kurikulum montessori untuk pengembangan karakter maupun pengarahan diri. Salah satu fokus pada kurikulum ini yaitu tidak ada tekanan bahwa peserta didik harus mendapatkan nilai terbaik. Karena, fokus pada kurikulum montessori agar siswa dapat beradaptasi pada lingkungan tempatnya menempuh pendidikan. 

Demikian kurikulum sekolah internasional yang umum digunakan. Selain berbagai kurikulum tersebut, banyak SMA di Indonesia yang juga memiliki kurikulum berkualitas, meskipun tarafnya adalah nasional. Seperti SMA Dwiwarna (Boarding School) yang menerapkan kurikulum Merdeka SMA

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam. Dalam penerapannya, konten di dalam kurikulum ini disusun lebih optimal sehingga siswa memiliki waktu yang cukup untuk mendalami konsep maupun memperkuat kompetensi. 

Kurikulum Merdeka juga memiliki dua keunggulan. Keunggulan pertama adalah lebih sederhana dan mendalam. Dikatakan lebih sederhana karena lebih fokus pada materi yang esensial dan juga pengembangan kompetensi peserta didik pada fasenya.

Keunggulan kedua, sifat kurikulum yang lebih merdeka. Ini dikarenakan sudah tidak ada program peminatan IPA, IPS atau bahasa. Peserta didik memiliki kebebasan untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan bakat, minat dan aspirasinya.

SMA Dwiwarna (Boarding School) juga sudah terakreditasi A dan ditunjang juga dengan fasilitas yang lebih lengkap dan modern. Perpaduan kurikulum, akreditasi, dan fasilitas inilah yang dapat membantu siswa untuk fokus dalam belajar dan mengembangkan potensinya.  Dengan kurikulum ini, pembelajaran di sekolah bisa menjadi lebih baik dan menghasilkan peserta didik yang berkualitas.

Hits: 4

Posting Daftar Kurikulum Sekolah Internasional yang Ada di Indonesia ditampilkan lebih awal di Backpacker Jakarta.



from Backpacker Jakarta https://ift.tt/ky6dsvM
via IFTTT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertolongan Pertama Jika Tersengat Biota Laut

Meningkatnya minat wisatawan dalam negeri maupun mancanegara mengunjungi Indonesia juga berdampak terhadap meningkatnya pengunjung yang menelusuri keindahan biota laut Indonesia. Selain mempersiapkan barang bawaan, kalian juga perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang bahaya yang biasa terjadi didaerah tersebut guna mencegah jikalau ada kejadian yang tak diinginkan, salah satunya seperti tersengat binatang laut. Berikut tipsnya jika kalian tersengat binatang laut: 1. Ubur-ubur Banyak spesies ubur-ubur di Indonesia, mulai yang tak menyengat hingga yang bisa menyebabkan kematian. Ikuti langkah-langkah berikut jika tersengat ubur-ubur: Tetap tenang Keluar dari air laut Hentikan sengatan Lepaskan tentakel menggunakan kartu hindari kontak langsung Basuh dengan cuka atau backing soda, jika tidak ada gunakan air laut Basuh dengan air hangat selama kurang lebih 20 menit Balut luka dengan perban Segera ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut Note!!! Hinda

Melihat Wajah Bandar Udara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara Tersibuk kedua di Kalimantan

Bandara Syamsuddin Noor adalah salah satu bandara tersibuk kedua di Kalimantan setelah Bandara Sepinggan yang ada di Balikpapan Kalimantan Timur.   Bandara Syamsuddin Noor ini berada di kota Banjarmasin yakni Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Namun sama dengan Bandara-bandara lainya dimana Lokasi Bandara Ibu Kota Provinsi berada diluar Kota karena keterbatasan lahan dan juga menghindari pusat keramaian. Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor (Inggris: Syamsuddin Noor International Airport) (IATA: BDJ, ICAO: WAOO) letaknya ada di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan atau 25 km sebelah tenggara dari pusat Kota Banjarmasin, kota terbesar di Kalimantan, dan terletak 10 kilometer selatan-barat dari pusat Kota Banjarbaru. Jujur saat saya menginjakan kaki dibandara ini sedikit terkejut mengingat ukuran bandaranya yang sangat kecil, sempit dan sudah cukup tua, hal ininterlihat dari beberapa bangunan yang terlihat usang. Bandara Sy

Keindahan Pulau Cipir Yang Mempesona

Halo sahabat traveler! Bingung mau kemana weekend ini? Buat kalian yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk berlibur, maka salah satu objek wisata ini sangat cocok menjadi bagi kamu semua. Dimana? Pulau Cipir pasti nya yang terletak di Kepulauan Seribu . Oh iya, Pulau Cipir juga dikenal dengan kata Pulau Khayangan lhoh. Untuk mengexplore tempat wisata ini hanya dibutuhkan satu hari saja dan kalian sudah bisa memanjakan diri dengan pemandangan yang eksotis mulai dari spot bagi pecinta fotography, gardu untuk melihat keseluruhan pulau dari ketinggian, serta sejarah yang tidak kalah menarik. Oh iya, jangan lupa untuk mengajak keluarga atau saudara ya guys, karena Pulau Cipir juga cocok dijadikan tempat quality time keluarga. Rute transportasi Transportasi menuju kesanapun tidak terlalu sulit, jika kalian naik busway, bisa turun di halte Rawabuaya, lalu dilanjutkan dengan menyambung mobil plat hitam ( mobil carry ) sampai di Dermaga Muara Kamal dengan biaya ongkos sebesar Rp8.000