Langsung ke konten utama

Perbedaan Gula Aren dan Gula Kelapa, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Perbedaan Gula Aren dan Gula Kelapa
Sumber Foto : unsplash

Terkadang membedakan antara gula aren dan gula kelapa memang sulit karena tampilan keduanya sangat mirip. Terlebih dua jenis gula tersebut sama-sama populer dalam pembuatan kue, namun mana yang lebih baik bagi kesehatan?

Gula merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki cita rasa manis dan paling sering digunakan di dapur. Meskipun memiliki fungsi yang sama, Anda harus mengetahui perbedaan gula aren dan kelapa secara signifikan agar tidak salah mengenalinya.

Perbedaan Gula Aren dan Gula Kelapa, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan

Ketika membuat kue atau memasak beberapa sajian, biasanya orang lebih suka menggunakan gula aren atau gula kelapa. Akan tetapi, terdapat sejumlah perbedaan antara gula aren dan kelapa yang harus Anda ketahui terlebih dahulu.

1. Warna

Perbedaan tersebut bisa Anda lihat dari segi warna, sebenarnya warna gula aren lebih terang ketimbang gula kelapa. Gula area biasanya berwarna kuning kemerahan, sedangkan gula kelapa berwarna coklat gelap kemerahan.

2. Rasa

Perbedaan gula aren dan kelapa juga terdapat pada cita rasa yang dimiliki meskipun rasa kedua jenis gula ini nyaris sama. Pasalnya, gula aren memiliki aroma lebih kuat, spesial, dan unik karena banyak mengandung gula tebu.

3. Tekstur

Tidak hanya pada rasa dan warna saja, Anda juga bisa melihat perbedaan dari gula aren dan kelapa pada teksturnya. Gula aren memiliki tekstur lebih empuk ketimbang gula kelapa yang memiliki tekstur sedikit keras.

4. Bahan Baku

Pembuatan gula aren menggunakan bahan baku nira pohon aren sedangkan bahan pembuatan gula kelapa dari nira pohon kelapa. Nira sendiri merupakan cairan yang berasal dari proses sadapan batang tanaman.

5. Proses Pembuatan

Gula aren dan gula kelapa memiliki proses pembuatan yang berbeda, gula aren dicetak menggunakan batok kelapa dan diberi bahan tambahan lain. Sedangkan gula kelapa hanya menggunakan cairan pohon kelapa sebagai bahan dasar kemudian diolah dan dicetak.

6. Sifat Organoleptik

Sifat organoleptik antara area dan kelapa juga bisa dibilang berbeda, dari karakter ini gula aren tergolong lebih unggul. Di dalam gula aren terdapat sejumlah kecil vitamin, asam amino, antioksidan, dan lainnya.

7. Kandungan Gizi

Gula kelapa memiliki kandungan gizi 45 kalori, 12 gr karbohidrat, 12 gr gula, 0 gr lemak, serta 0 gr protein. Sedangkan kandungan gizi pada 100 gram aren 268 kalori, 95 gr karbohidrat, 75 mg kalsium, 35 mg fosfor, 3 mg besi, dan 4 mg air.

8. Cara Menggunakan

Biasanya gula aren atau kelapa sering digunakan sebagai bahan campuran makanan dan minuman karena rasa yang kuat. Gula aren sering dipakai untuk membuat minuman atau campuran kopi sedangkan gula kelapa sedangkan gula kepala sering dibuat campuran makanan tradisional.

9. Indeks Glikemik

Perbedaan komposisi dalam gula aren dan kelapa yang berbeda membuat indeks glikemik dua jenis gula ini juga berbeda. Indeks glikemik gula kepala ada 35 dan indeks glikemik pada gula aren adalah 75 jadi dua kali lebih tinggi dari aren.

10. Harga

Harga gula aren bubuk tergolong lebih murah ketimbang gula kelapa karena terdiri dari beberapa jenis bahan sebagai komposisi. Sedangkan harga gula kelapa 2 kali lebih tinggi dari gula aren karena menggunakan bahan murni dari nira pohon kelapa.

Berdasarkan penjelasan perbedaan di atas tentu Anda bisa melihat bahwa gula kelapa lebih sehat ketimbang gula aren. Selain gula kelapa lebih mahal, bahan baku gula ini juga menggunakan nira dari pohon kelapa tanpa campuran apa pun serta indeks glikemik lebih rendah.

Gula aren dan gula kelapa memang berbeda namun masih banyak orang suka menggunakan gula aren bubuk dengan membelinya di Blibli. Blibli adalah platform belanja online terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai produk dengan harga terjangkau dan layanan terbaik.

Hits: 1

Posting Perbedaan Gula Aren dan Gula Kelapa, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan? ditampilkan lebih awal di Backpacker Jakarta.



from Backpacker Jakarta https://ift.tt/xy14HFL
via IFTTT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertolongan Pertama Jika Tersengat Biota Laut

Meningkatnya minat wisatawan dalam negeri maupun mancanegara mengunjungi Indonesia juga berdampak terhadap meningkatnya pengunjung yang menelusuri keindahan biota laut Indonesia. Selain mempersiapkan barang bawaan, kalian juga perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang bahaya yang biasa terjadi didaerah tersebut guna mencegah jikalau ada kejadian yang tak diinginkan, salah satunya seperti tersengat binatang laut. Berikut tipsnya jika kalian tersengat binatang laut: 1. Ubur-ubur Banyak spesies ubur-ubur di Indonesia, mulai yang tak menyengat hingga yang bisa menyebabkan kematian. Ikuti langkah-langkah berikut jika tersengat ubur-ubur: Tetap tenang Keluar dari air laut Hentikan sengatan Lepaskan tentakel menggunakan kartu hindari kontak langsung Basuh dengan cuka atau backing soda, jika tidak ada gunakan air laut Basuh dengan air hangat selama kurang lebih 20 menit Balut luka dengan perban Segera ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut Note!!! Hinda

Melihat Wajah Bandar Udara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara Tersibuk kedua di Kalimantan

Bandara Syamsuddin Noor adalah salah satu bandara tersibuk kedua di Kalimantan setelah Bandara Sepinggan yang ada di Balikpapan Kalimantan Timur.   Bandara Syamsuddin Noor ini berada di kota Banjarmasin yakni Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Namun sama dengan Bandara-bandara lainya dimana Lokasi Bandara Ibu Kota Provinsi berada diluar Kota karena keterbatasan lahan dan juga menghindari pusat keramaian. Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor (Inggris: Syamsuddin Noor International Airport) (IATA: BDJ, ICAO: WAOO) letaknya ada di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan atau 25 km sebelah tenggara dari pusat Kota Banjarmasin, kota terbesar di Kalimantan, dan terletak 10 kilometer selatan-barat dari pusat Kota Banjarbaru. Jujur saat saya menginjakan kaki dibandara ini sedikit terkejut mengingat ukuran bandaranya yang sangat kecil, sempit dan sudah cukup tua, hal ininterlihat dari beberapa bangunan yang terlihat usang. Bandara Sy

Keindahan Pulau Cipir Yang Mempesona

Halo sahabat traveler! Bingung mau kemana weekend ini? Buat kalian yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk berlibur, maka salah satu objek wisata ini sangat cocok menjadi bagi kamu semua. Dimana? Pulau Cipir pasti nya yang terletak di Kepulauan Seribu . Oh iya, Pulau Cipir juga dikenal dengan kata Pulau Khayangan lhoh. Untuk mengexplore tempat wisata ini hanya dibutuhkan satu hari saja dan kalian sudah bisa memanjakan diri dengan pemandangan yang eksotis mulai dari spot bagi pecinta fotography, gardu untuk melihat keseluruhan pulau dari ketinggian, serta sejarah yang tidak kalah menarik. Oh iya, jangan lupa untuk mengajak keluarga atau saudara ya guys, karena Pulau Cipir juga cocok dijadikan tempat quality time keluarga. Rute transportasi Transportasi menuju kesanapun tidak terlalu sulit, jika kalian naik busway, bisa turun di halte Rawabuaya, lalu dilanjutkan dengan menyambung mobil plat hitam ( mobil carry ) sampai di Dermaga Muara Kamal dengan biaya ongkos sebesar Rp8.000