Langsung ke konten utama

Mau Backpackeran ke Bali Lewat Jalur Darat, Ini Info Biaya & Rutenya

Bali adalah nama sebuah pulau sekaligus merupakan nama provinsi di Indonesia dengan ibukotanya adalah Denpasar.

Selain terdiri dari Pulau Bali, wilayah Provinsi Bali juga terdiri dari pulau-pulau yang lebih kecil di sekitarnya, yaitu Pulau Nusa Penida, Pulau Nusa Lembongan, Pulau Nusa Ceningan, Pulau Serangan, dan Pulau Menjangan.

Secara geografis, Bali terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Mayoritas penduduk Bali adalah pemeluk agama Hindu.

Di dunia, Bali juga terkenal sebagai tujuan pariwisata dengan keunikan berbagai hasil seni-budayanya, khususnya bagi para wisatawan Jepang dan Australia. Bali juga dikenal dengan julukan Pulau Dewata dan Pulau Seribu Pura.

Keindahan pulau dewata Bali membuat siapa saja ingin mengunjunginya baik wisatawan dalam negri maupun wisatawan dari luar negri.

Bagi para petualang yang ingin mengunjungi pulau bali dengan cara berbeda seperti salah satunya dengan cara backpacker, kalian bisa menggunakan jalur darat menuju pulau Bali.

Perjalanan yang cukup lama dan cukup melelahkan bisa kalian nikmati dengan keindahan pemandangan dan pengalaman seru selama kalian diperjalanan.

Nah berikut ini akan saya infokan mengenai jalur, rute dan kendaraan apa saja yang bisa kita gunakan menuju Bali lewat jalur darat.

MENGGUNAKAN KERETA API KE BANYUWANGI

 

1. Jakarta – Surabaya – Banyuwangi

Buat pecinta kereta api, Kamu juga bisa ke Bali dengan kereta Api. Ets, kereta apinya hanya sampai kota Surabaya atau Banyuwangi saja karna setelah banyuwangi kita harus berpindah lagi menyebrang kapal dan naik bus.

Dari Jakarta Pilih kereta api tujuan Surabaya (stasiun Gubeng Surabaya) menggunakan kereta Api Gaya Baru Selatan. Biasanya harga normal kereta api Ekonomi ke Gubeng Surabaya sekitar 100.000an lebih.

Perjalanan yang dibutuhkan juga cukup lama yakni sekitar 12 jam perjalanan.

Baca Juga : Serunya Backpackeran ke Belitung Bangka dan ke Palembang Via Laut dan Darat

Stasiun Senen (foto : simomot.com)

Jika kamu berangkat dari setasiun senen maka kereta akan melaju pukul 13.00 dan akan tiba di Surabaya pukul 01.30 pagi dini hari.

Setelah tiba di setasiun Surabaya ada dua pilihan yang bisa kamu pilih yakni melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi dengan Kereta api lagi atau dengan menggunakan Bus.

Bila perjalanan dilakukan dengan bus maka kamu harus keterminal dulu dan menunggu busa pagi jalan ke Banyuwangi begitu juga dengan kereta api akan berjalan siang ke banyuwangi.

Jika pilihan menggunakan kereta api maka pilih stasiun Banyuwangi Baru dan hanya ada 1 kereta ekonomi yang melayani rute ini. Biaya tiket kereta berkisar Rp 100.000.

2. Jakarta – Jogjakarta – Banyuwangi

Sama halnya dengan kereta api dari Jakart ke- Surabaya, Kereta api Jakarta- Jogja juga akan dimulai dari Stasiun Senen.

Nah stasiun yang dituju adalah stasiun Lempuyangan di kota Jogjakarta.Salah satu kereta ekonomi yang bisa dipilih adalah Progo dengan harga tiket berkisar Rp. 75.000 dengan waktu tempuh sekitar 8,5 jam.

Stasiun Lempuyangan (fopto: Tribun Jogja – Tribunnews.com)

Begitu tiba di Stasiun Lempuyangan Jogja, perjalanan akan dilanjutkan dengan kereta api menuju kota Banyuwangi.

Pilih kereta Sri Tanjung karena kereta ini adalah kereta ekonomi yang melayani rute stasiun Lempuyangan – Banyuwangi Baru. Untuk Harga tiket normalnya berkisar Rp 100.000 dengan Waktu tempuh sekitar 14 jam.

***

PENYEBRANGAN BANYUWANGI – BALI

 

Stasiun Banyuwangi Baru tepat berada disebelah pelabuhan Ketapang banyuwangi. Jadi buat kalian yang ingin melanjutkan perjalanan ke Bali tinggal berjalan kaki dari stasiun kepelabuhan sekitar 5 menit saja.

Lalu setibanya di stasiun Banyuwangi kita tinggal jalan kaki ke pelabuhan Ketapang Banyuwangi sekitar 5 menitan.

Baca Juga : Berikut ini Jadwal Kapal Cepat Express Marina Srikandari Dari Banyuwangi ke Bali dan Bali ke Banyuwangi

Pelabuhan Ketapang Banyuwangi
Pelabuhan Ketapang Banyuwangi (foto : banyuwangi bagus)

Sebenarnya ada 2 pilihan lagi menuju Denpasar bali dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Bali.

Pertama kamu bisa langsung Naik bus rute Denpasar atau kamu memilih menyebrang sendiri ke pelabuhan Gili Manuk lalu naik Bus dari pelabuhan Gili Manuk.

Tapi saran saya buat kalian yang suka petualangan mendingan kalian naik kapal penyebrangan sendiri terus naik Bus dari pelabuhan gili manuk ke Denpasar.

Biaya penyebrangan untuk satu orang sekitar Rp 5.000 dengan waktu tempuh sekitar 45 menit saja.

Nah Setelah tiba di pelabuhan Gilimanuk Bali, perjalanan kemudian dilanjutkan dengan naik bus menuju Denpasar.

Oh ya kalian harus jalan kaki sebentar menuju terminal gili manuk yang masih masuk kedalam area kompleks pelabuhan. Dari terminal Gili manuk ini kamu bisa naik bus menuju Denpasar.

Busnya sendiri ada yang ac dan non ac jadi pilih yang non ac saja lebih murah yakni sekitar Rp 60.000 / orang dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.

Pelabuhan Gilimanuk Bali (foto: indopiknik.wordpress.com)

Namun Jika kamu memilih naik bus dari ketapang maka pilih bus tujuan Bali yakni ke terminal Ubung Bali. Untuk hrga tiket bus dari Pelabuhan Ketapang ke Terminal Ubung adalah sekitar Rp 35.000 – Rp 60.000.

Lama perjalananya sekitar tiga jam perjalanan termasuk penyeberangan Selat Bali via kapal feri. Tenang saja di pelabuhan Ketapang banyak bus yang melayani rute terminal Ubung.

Nah dari terminal ubung Bali perjalanan dilanjutkan dengan bus atau kendaraan lainya menuju kota Denpasar.

Total Rincian Biaya ke Bali Vi Darat adalah :

  • Jakarta – Banyuwangi dengan Kereta : Rp 200.000
  • Banyuwangi Ketapang- Gilimanuk Bali : Rp 5000
  • Gilimanuk Pelabuhan – Denpasar : Rp 60.000

Totalnya adalah Rp 265.000

Dibandingkan dengan Pesawat harga Normal, Perjalanan menuju Bali via darat jauh lebih murah. Namun murahnya via darat sebanding dengan waktu yang dibutuhkan yakni sekitar 2 hari satu malam.

Silahkan dipertimbangkan apakah lebih memilih jalur darat atau jalur pesawat dan semuanya tergantung pilihan kalian.

Oh ya, Buat temen-temen yang masih bingung di Bali mau kemana saja, silahkan baca info ini : 7 Tempat Wisata Anti Mainstream di Bali

 

Posting Mau Backpackeran ke Bali Lewat Jalur Darat, Ini Info Biaya & Rutenya ditampilkan lebih awal di Backpacker Jakarta.



from Backpacker Jakarta https://ift.tt/3hnaftQ
via IFTTT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertolongan Pertama Jika Tersengat Biota Laut

Meningkatnya minat wisatawan dalam negeri maupun mancanegara mengunjungi Indonesia juga berdampak terhadap meningkatnya pengunjung yang menelusuri keindahan biota laut Indonesia. Selain mempersiapkan barang bawaan, kalian juga perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang bahaya yang biasa terjadi didaerah tersebut guna mencegah jikalau ada kejadian yang tak diinginkan, salah satunya seperti tersengat binatang laut. Berikut tipsnya jika kalian tersengat binatang laut: 1. Ubur-ubur Banyak spesies ubur-ubur di Indonesia, mulai yang tak menyengat hingga yang bisa menyebabkan kematian. Ikuti langkah-langkah berikut jika tersengat ubur-ubur: Tetap tenang Keluar dari air laut Hentikan sengatan Lepaskan tentakel menggunakan kartu hindari kontak langsung Basuh dengan cuka atau backing soda, jika tidak ada gunakan air laut Basuh dengan air hangat selama kurang lebih 20 menit Balut luka dengan perban Segera ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut Note!!! Hinda

Melihat Wajah Bandar Udara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara Tersibuk kedua di Kalimantan

Bandara Syamsuddin Noor adalah salah satu bandara tersibuk kedua di Kalimantan setelah Bandara Sepinggan yang ada di Balikpapan Kalimantan Timur.   Bandara Syamsuddin Noor ini berada di kota Banjarmasin yakni Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Namun sama dengan Bandara-bandara lainya dimana Lokasi Bandara Ibu Kota Provinsi berada diluar Kota karena keterbatasan lahan dan juga menghindari pusat keramaian. Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor (Inggris: Syamsuddin Noor International Airport) (IATA: BDJ, ICAO: WAOO) letaknya ada di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan atau 25 km sebelah tenggara dari pusat Kota Banjarmasin, kota terbesar di Kalimantan, dan terletak 10 kilometer selatan-barat dari pusat Kota Banjarbaru. Jujur saat saya menginjakan kaki dibandara ini sedikit terkejut mengingat ukuran bandaranya yang sangat kecil, sempit dan sudah cukup tua, hal ininterlihat dari beberapa bangunan yang terlihat usang. Bandara Sy

Keindahan Pulau Cipir Yang Mempesona

Halo sahabat traveler! Bingung mau kemana weekend ini? Buat kalian yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk berlibur, maka salah satu objek wisata ini sangat cocok menjadi bagi kamu semua. Dimana? Pulau Cipir pasti nya yang terletak di Kepulauan Seribu . Oh iya, Pulau Cipir juga dikenal dengan kata Pulau Khayangan lhoh. Untuk mengexplore tempat wisata ini hanya dibutuhkan satu hari saja dan kalian sudah bisa memanjakan diri dengan pemandangan yang eksotis mulai dari spot bagi pecinta fotography, gardu untuk melihat keseluruhan pulau dari ketinggian, serta sejarah yang tidak kalah menarik. Oh iya, jangan lupa untuk mengajak keluarga atau saudara ya guys, karena Pulau Cipir juga cocok dijadikan tempat quality time keluarga. Rute transportasi Transportasi menuju kesanapun tidak terlalu sulit, jika kalian naik busway, bisa turun di halte Rawabuaya, lalu dilanjutkan dengan menyambung mobil plat hitam ( mobil carry ) sampai di Dermaga Muara Kamal dengan biaya ongkos sebesar Rp8.000