Langsung ke konten utama

Liputan Trip ODT Gunung Galunggung dan Kampung Naga part 34 BackpackerJakarta

Hello Warga BPJ Lovers,

Kembali bersama aku dan BackpackerJakarta dalam menjelajahi pemandangan alam yang indah tanpa harus ribet so bisa dibilang ini healing tipis-tipis-lah ya.

@desi.kurniawatiputri

Kemarin (22 Juni 2024) baru saja ODT Gunung Galunggung dan Kampung Naga part 34 dengan CP yang bernama Gloria dan Elsha, lalu biaya sharecost sebesar Rp.226.226 dengan mepo yang sama di Sekretariat BackpackerJakarta.

CP @gloria_ dan @inceselsha

Lalu perjalanan dimulai pukul 00.00 WIB menuju Tasikamalaya, dan sampai pada pukul 07.30 WIB di Kawasan Objek Wisata Gunung Galunggung. Setelah prepare, akhirnya pukul 08.00 WIB kami memulai untuk menaiki anak tangga dimana kami memilih tangga kuning sebagai awal-nya, dan turun melalui di anak tangga biru.

Foto bersama sebelum menaiki anak tangga kuning

Gunung Galunggung mempunyai ketinggian 2.168 meter di atas permukaan laut. Gunung Galunggung terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Dimana untuk mencapai bibir kawah Gunung Galunggung, dibangun dengan 2 jalur alternatif yaitu melalui anak tangga barwana kuning atau anak tangga berwarna biru.

Naik melalui anak tangga kuning

 

Turun melalui anak tangga biru

Gunung ini memiliki 2 puncak yaitu Puncak Dinding Ari dan Puncak Beuticanar, kedua puncak tersebut dapat dijangkau dengan cara mendaki anak tangga melalui jalur yang tersedia. FYI jumlah anak tangga berwarna kuning itu sebanyak 620, sedangkan anak tangga biru sebanyak 510.

@desi.kurniawatiputri


So jadi pastikan yaa mau dimulai dari mana nih tangganya, bisa naik dari tangga kuning lalu pulang di tangga biru, atau pulang-pergi juga bisa banget hanya di tangga yang sama, tapi jangan lupa hanya parkirnya saja yang berbeda ya tiap anak tangga.

Lalu untuk viewnya sendiri, jika kamu ingin segera sampai di tulisan Galunggung Eruption maka kamu lebih dekat jika menaiki-nya melalu anak tangga berwarna kuning.

@uwievelo

 

@prmdyyugo dan @erik

Sedangkan jika kamu ingin melihat Bendungan Kawah Gunung Galunggung maka melalui anak tangga berwarna biru sehingga jaraknya tidak jauh dari tangga tersebut.

@sorayamelinda18

 

@gloria281_ dan @desi.kurmiawatiputri

Kedua tangga tersebut memperlihatkan pemandangan diatas yang sama saja, namun hanya letak-nya saja yang sedikit berjarak dari target apa yang mau kita lihat pertama saja, tapi sebaiknya kamu melewati 2 anak tangga sekaligus ya seperti naik melalui anak tangga kuning dan turun melalau jalur anak tangga biru maka kita akan mendapatkan double view pemandangan yang super ciamik.

Dokumentasi Go-pro Ka Diki

 

Dokumentasi Go-pro Ka Diki

Lalu diatas Puncak Galunggung juga tersedia banyak warung, so eassy ya kalau capek, dan laper aman ada warung guys. FYI bagi kaum mager yang pengin udahlah sat set aja langsung sampai diatas puncak juga bisa, tersedia ojek pangkalan dari bawah anak tangga nantinya yang akan mengantarkan kita sampai puncak dengan menggunakan ojek motor.

Sepertinya kalau tidak berubah, tarif sebesar 25.000 rupiah untuk sekali perjalanan, apabila saat turun juga ingin menggunakan jasa ojek, maka tarifnya menjadi dua kali lipat ya. Mohon untuk ditanyakan terlebih dahulu ya gais sebelumnya dan dinego haha.

Selama perjalanan mendaki anak tangga ini tidak akan rugi lho karena di kanan-kiri ditemani pemandangan hijau berupa tanaman dari berbagai ragam jenis tanaman yang menemani perjuangan mencapai puncak, so usaha menapaki anak tangga serasa terbayarkan rasanya.

Semua peserta trip berfoto bersama diatas Puncak

 

Dokumentasi GO-PRO Ka Diki

Setelah semua puas diatas puncak, kami turun kebawah kembali dan segera berpindah tempat ke destinasi terakhir yaitu Kampung Naga, estimasi dari Galunggung ke Kampung Naga sekitar 1jam-an ya.

Kami tiba di Kampung Naga, lalu kami diantar oleh warga lokal yang menjadi guide kami sambil menjelaskan sejarah/adat istiadat di Kampung Naga ini. Kami diantarkan mengelilingi perkampungan naga bawah yang masih sangat kental dengan suasana kehidupan yang masih belum mengenal ada listrik. 

Kampung Naga, adalah dari sekian kampung-kampung adat yang ada di Jawa Barat. Kampung Naga yang menghubungkan daerah Garut dan Tasikmalaya. Kampung ini masih berada di Lembah yang subur, di lalui oleh sebuah sungai yang bernama sungai Ciwulan yang beramata air dari Gunung Cikuray di daerah Garut. Setelah itu kita harus menuruni anak tangga sekira 335 anak tangga.

Penduduk Kampung Naga beragama islam, di samping masih memegang teguh adat istiadat yang secara turun-menurun berasal dari nenek moyang mereka.

Area Kampung Naga sangat terbatas, sehingga tidak memungkinkan lagi mendirirkan rumah baru, maka banyak penduduk yang termasuk adat Sa-Naga bertempat tinggal di luar Kampung Naga. 

  

 

 

 

Kami sangat menyimak penjelasan dari bapak tersebut dengan baik, di sini emang masih belum banyak berubah dari struktur nya, dan lingkungan karena mereka tidak perna melakukan pembangunan apapun lagi jadi hanya memperbaiki jika itu sudah mulai rusak.

@sorayamelinda18

 

@inceselsha

 

@desi.kurniawatiputri

Nah apa kamu tertarik untuk mengunjungi Kampung Naga, oke cukup sekian dan terima kasih semuanya. Sampai bertemu dicerita selanjutnya. Salam BackpackerJakarta ❤

 

 

*ABSENSI PESERTA ODT GN GALUNGGUNG & KP NAGA #34*

1. Yugo#45 👦🏻

2. Dwi #46

3. Bams #22 

4. Esther #39 

5. Fina #46

6. Rahma #NM

7. Yuri #18

8. Hasan #43

9. Erik #KLari

10. Melinda #NM

11. Widy Haryanti #NM 

12. Dicki #31

13. Desi#5 

14. Wahid#NM

15. Yuni #NM

16. Ikhsan #NM

 

Hits: 25

Posting Liputan Trip ODT Gunung Galunggung dan Kampung Naga part 34 BackpackerJakarta ditampilkan lebih awal di Backpacker Jakarta.



from Backpacker Jakarta https://ift.tt/Haw2uVc
via IFTTT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertolongan Pertama Jika Tersengat Biota Laut

Meningkatnya minat wisatawan dalam negeri maupun mancanegara mengunjungi Indonesia juga berdampak terhadap meningkatnya pengunjung yang menelusuri keindahan biota laut Indonesia. Selain mempersiapkan barang bawaan, kalian juga perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang bahaya yang biasa terjadi didaerah tersebut guna mencegah jikalau ada kejadian yang tak diinginkan, salah satunya seperti tersengat binatang laut. Berikut tipsnya jika kalian tersengat binatang laut: 1. Ubur-ubur Banyak spesies ubur-ubur di Indonesia, mulai yang tak menyengat hingga yang bisa menyebabkan kematian. Ikuti langkah-langkah berikut jika tersengat ubur-ubur: Tetap tenang Keluar dari air laut Hentikan sengatan Lepaskan tentakel menggunakan kartu hindari kontak langsung Basuh dengan cuka atau backing soda, jika tidak ada gunakan air laut Basuh dengan air hangat selama kurang lebih 20 menit Balut luka dengan perban Segera ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut Note!!! Hinda

Melihat Wajah Bandar Udara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara Tersibuk kedua di Kalimantan

Bandara Syamsuddin Noor adalah salah satu bandara tersibuk kedua di Kalimantan setelah Bandara Sepinggan yang ada di Balikpapan Kalimantan Timur.   Bandara Syamsuddin Noor ini berada di kota Banjarmasin yakni Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Namun sama dengan Bandara-bandara lainya dimana Lokasi Bandara Ibu Kota Provinsi berada diluar Kota karena keterbatasan lahan dan juga menghindari pusat keramaian. Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor (Inggris: Syamsuddin Noor International Airport) (IATA: BDJ, ICAO: WAOO) letaknya ada di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan atau 25 km sebelah tenggara dari pusat Kota Banjarmasin, kota terbesar di Kalimantan, dan terletak 10 kilometer selatan-barat dari pusat Kota Banjarbaru. Jujur saat saya menginjakan kaki dibandara ini sedikit terkejut mengingat ukuran bandaranya yang sangat kecil, sempit dan sudah cukup tua, hal ininterlihat dari beberapa bangunan yang terlihat usang. Bandara Sy

Keindahan Pulau Cipir Yang Mempesona

Halo sahabat traveler! Bingung mau kemana weekend ini? Buat kalian yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk berlibur, maka salah satu objek wisata ini sangat cocok menjadi bagi kamu semua. Dimana? Pulau Cipir pasti nya yang terletak di Kepulauan Seribu . Oh iya, Pulau Cipir juga dikenal dengan kata Pulau Khayangan lhoh. Untuk mengexplore tempat wisata ini hanya dibutuhkan satu hari saja dan kalian sudah bisa memanjakan diri dengan pemandangan yang eksotis mulai dari spot bagi pecinta fotography, gardu untuk melihat keseluruhan pulau dari ketinggian, serta sejarah yang tidak kalah menarik. Oh iya, jangan lupa untuk mengajak keluarga atau saudara ya guys, karena Pulau Cipir juga cocok dijadikan tempat quality time keluarga. Rute transportasi Transportasi menuju kesanapun tidak terlalu sulit, jika kalian naik busway, bisa turun di halte Rawabuaya, lalu dilanjutkan dengan menyambung mobil plat hitam ( mobil carry ) sampai di Dermaga Muara Kamal dengan biaya ongkos sebesar Rp8.000