Langsung ke konten utama

Menjadi Independent Women Yang Stabil Secara Financial

Dari kecil, hidup mengajarkanku untuk menjadi seseorang yang mandiri dan pantang menyerah. Sekolahpun aku pakai beasiswa. Mau beli apapun aku harus menabung dulu. Sedih? Tentu tidak. Aku justru bersyukur karna akumulasi diriku dimasa lalu membentuk diriku menjadi seorang independent women seperti sekarang.

10 tahun membangun bisnis kecil, bisnis yang dimulai hanya menjadi seorang joki tugas kuliah tanpa bayaran, hanya project thank you yang kulakukan dengan tulus dengan niat membantu teman-temanku. Sampai pada akhirnya jerih payah pertamaku yang dihargai oleh seorang teman baik bernama Dea, ya, aku diberikan sebuah tas baru yang cukup bagus karna telah membantu penyusunan skripsinya dia dalam waktu 3 bulan.

Bisa dikatakan usahaku dimulai dari hal-hal kecil dengan bayaran kecil, tapi aku tidak pernah mengeluh berapapun penghasilan yang aku dapat. Menjadi si pembuat surat, paklaring, dokumen A, B, C, desain hingga proses joki joki lainnya. Disamping itu, aku tetap fokus pada pekerjaan utamaku.

Kalau dibilang settle, bisa jadi belum. Dibilang sukses juga masih jauh sekali dari kata itu. Tapi inilah aku, Kikyfairytale. Single mother yang di anugerahi 1 putri kecil bernama Maryam Valienta. Si Maryam yang sangat jenius.

Ya, aku seorang working mom yang penuh cinta. Cinta pada Tuhanku, cinta pada anakku, keluargaku dan juga teman-teman terdekatku. Sebagian orang bilang aku adalah orang yang sibuk dan membosankan, karna hidupku dipenuhi dengan kerja kerja dan kerja. Tak sedikit orang bergunjing “kiki kerja mulu kaya kagak”, kalimat itu terus mengalun ditelinga ku beberapa tahun ini.

Tak sedikit juga orang berpikiran negatif tentangku, ada yang bilang aku tidak mengurusi anak, sibuk dengan pekerjaan, tapi mereka tidak pernah tau aku mati-matian kerja untuk menafkahi diri sendiri, keluarga, bahkan mungkin orang lain yang suka meminta-minta padaku.

Karirku dimulai dengan bekerja disalah satu perusahaan advertising bernama Iris Wolrdwide sebagai Finance Staff (Treasury). Kejujuran adalah hal yang selalu kutanamkan dimanapun aku bekerja. Hingga akhirnya proses tersebut membawaku pada level Supervisor disalah satu perusahaan tbk di Jakarta, yaitu Grahatrans.

Orang bilang, aku cukup beruntung dalam hal karir karna selalu mudah dalam mencari pekerjaan. Tapi mereka tidak tau dibalik itu semua, seorang kiki bekerja keras dengan penuh loyalitas tanpa batas dengan tetap menjaga kepercayaan yang diberikan oleh atasan tempatku bekerja.

Pernikahan rupanya awal mula kehancuran dari karirku itu sendiri, akibat menikah dengan orang yang tidak tepat, aku kehilangan posisiku dan hampir kehilangan diriku sendiri. Tapi itu bukan alasan untuk aku berhenti berusaha. Aku tetap menjalankan dan mengerjakan apapun yang kubisa. Aku tidak gengsian, dan tidak malu menawarkan job-job dari mulut ke mulut. Sebagian orang menikmati jasa yang kutawarkan. Perlahan aku mulai membuat ratecard, tidak mahal dan tidak perlu tinggi-tinggi, yang penting client percaya dan balik lagi bekerjasama denganku.

10 tahun membuka usaha palugada, “apaa lu mau gua ada”, mengantarku pada tanggal 7 September 2023. Aku mencoba mendirikan PT atas namaku sendiri. PT Ramalia Bintang Samudra, Ramalia adalah namaku, sedangkan Bintang dan Samudra memiliki filosofi agar usahaku dapat berkembang seluas samudra dan meroket setinggi bintang dilangit.

Rupanya, Tuhan telah mempermudah semuanya. 3 hari berdiri, PT Ramalia Bintang Samudra yang kerap kusebut SMARTFAST CONSULTING mendapatkan job pertamanya, yaitu membuat legalitas PT dan juga laporan keuangan yang dikontrak selama setahun. kemudian disusul dengan job-job lainnya. Job terbesarku adalah menghandle laporan keuangan dan supporting document SRE Project, lembaga yang cukup bergengsi di bidang energi dan sumber daya alam. Walaupun sempat tertipu dengan orang yang cukup membuatku rugi, tapi bagiku itu adalah sebuah pembelajaran agar aku bisa lebih siap lagi kedepannya menjalankan usaha ini.

Smartfast Consulting bergerak di bidang Jasa Accounting Service dan Konsultan Pajak pada awalnya. Tapi dengan multitasking yang kupunya, aku juga open jika ada kebutuhan dalam proses legalitas perusahaan, skripsi, dan juga layanan umum lainnya. Aku tidak bermaksud serakah, tapi justru aku berusaha untuk membuat perputaran ekonomi, dimana aku bisa memberikan lagi job – job itu untuk orang-orang terdekatku yang membutuhkan penghasilan tambahan.

Menyenangkan sekali bukan saat hidup kita bisa berguna untuk banyak orang. Coba bayangkan berapa orang yang akan terbantu jika kita mau saling mensupport satu sama lain.

Aku selalu percaya bahwa sesuatu yang memiliki niat baik tentu akan menghasilkan yang baik juga. Perlahan Tuhan mengangkatku lebih tinggi disaat manusia berusaha merendahkanku. Aku punya pekerjaan utama tapi aku tetap bisa fokus menjalankan usahaku. Memiliki gaji tetap setiap bulan, tapi juga mengelola pemasukan lain yang kupunya menjadikan aku seseorang yang kini merasa stabil dalam segi financial.

Bagiku memberi lebih baik daripada meminta. Pantang sekali aku meminta orang seumur hidupku. Jika ada lebih aku akan memberi, tapi jika tidak ada aku akan diam dan menahan keinginan diri. Ini adalah prinsip yang selalu kutanamkan selama beberapa tahun ini.

Aku bersyukur sekali masih bisa berfikir jernih disaat dunia pernah mengobrak abrik mentalku dengan sangat kacau. Sulit memang, dan ini adalah bagian tersulit dalam hidupku, mencoba pemulihan diri dikala down dan bangkit lagi. berusaha membangun pikiran-pikiran dan energi positif dan percaya akan selalu ada yang berarti di hari-hari yang kita jalani. Semua tangisku mungkin tak pernah kalian dengar, sakitku tak pernah kalian rasakan, dan kalian mungkin tidak pernah tau bagaimana hancurnya seorang aku disaat dunia pernah berlaku tidak adil padaku.

Sekarang, aku bisa melengkungkan senyum. Aku bangga dengan pencapaianku saat ini, PT Ramalia Bintang Samudra menyelamatkan hidupku. Tidak hanya accounting service, tapi juga private trip bisa kupegang dengan nama Smartravel. Dan 1 usaha ku yang sedang on process, yaitu Semprotin! hahaha. agak random memang ketika membuat maklon parfum dengan brand yang cukup unik ini. Terimakasih untuk siapapun yang telah mensupportku.

Untuk yang pernah menjatuhkankuu, terimakasih juga karna akhirnya aku bisa membedakan mana teman dan mana teman beneran. Aku memang belum sukses seperti pengusaha besar lainnya, tapi setidaknya aku merasa sudah menjadi wanita independent yang stabil secara financial. Aku tidak memiliki hutang, aku bisa membeli apapun menggunakan jerih payahku sendiri, liburan dengan uangku sendiri, sembuh dengan uangku sendiri, tanpa perlu meminjam atau mengemis pada orang lain. Dan aku akan membuktikan pada dunia, pada orang-orang yang underestimate pada status single mother, bahwa aku bukan single mother yang suka brgantung pada orang lain, tapi aku ada Kikyfairytale. Ibu peri yang akan selalu mendedikasikan hidupnya untuk membantu orang-orang disekitarnya.

 

Hits: 8

Posting Menjadi Independent Women Yang Stabil Secara Financial ditampilkan lebih awal di Backpacker Jakarta.



from Backpacker Jakarta https://ift.tt/M0c7dS2
via IFTTT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertolongan Pertama Jika Tersengat Biota Laut

Meningkatnya minat wisatawan dalam negeri maupun mancanegara mengunjungi Indonesia juga berdampak terhadap meningkatnya pengunjung yang menelusuri keindahan biota laut Indonesia. Selain mempersiapkan barang bawaan, kalian juga perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang bahaya yang biasa terjadi didaerah tersebut guna mencegah jikalau ada kejadian yang tak diinginkan, salah satunya seperti tersengat binatang laut. Berikut tipsnya jika kalian tersengat binatang laut: 1. Ubur-ubur Banyak spesies ubur-ubur di Indonesia, mulai yang tak menyengat hingga yang bisa menyebabkan kematian. Ikuti langkah-langkah berikut jika tersengat ubur-ubur: Tetap tenang Keluar dari air laut Hentikan sengatan Lepaskan tentakel menggunakan kartu hindari kontak langsung Basuh dengan cuka atau backing soda, jika tidak ada gunakan air laut Basuh dengan air hangat selama kurang lebih 20 menit Balut luka dengan perban Segera ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut Note!!! Hinda

Melihat Wajah Bandar Udara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara Tersibuk kedua di Kalimantan

Bandara Syamsuddin Noor adalah salah satu bandara tersibuk kedua di Kalimantan setelah Bandara Sepinggan yang ada di Balikpapan Kalimantan Timur.   Bandara Syamsuddin Noor ini berada di kota Banjarmasin yakni Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Namun sama dengan Bandara-bandara lainya dimana Lokasi Bandara Ibu Kota Provinsi berada diluar Kota karena keterbatasan lahan dan juga menghindari pusat keramaian. Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor (Inggris: Syamsuddin Noor International Airport) (IATA: BDJ, ICAO: WAOO) letaknya ada di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan atau 25 km sebelah tenggara dari pusat Kota Banjarmasin, kota terbesar di Kalimantan, dan terletak 10 kilometer selatan-barat dari pusat Kota Banjarbaru. Jujur saat saya menginjakan kaki dibandara ini sedikit terkejut mengingat ukuran bandaranya yang sangat kecil, sempit dan sudah cukup tua, hal ininterlihat dari beberapa bangunan yang terlihat usang. Bandara Sy

Keindahan Pulau Cipir Yang Mempesona

Halo sahabat traveler! Bingung mau kemana weekend ini? Buat kalian yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk berlibur, maka salah satu objek wisata ini sangat cocok menjadi bagi kamu semua. Dimana? Pulau Cipir pasti nya yang terletak di Kepulauan Seribu . Oh iya, Pulau Cipir juga dikenal dengan kata Pulau Khayangan lhoh. Untuk mengexplore tempat wisata ini hanya dibutuhkan satu hari saja dan kalian sudah bisa memanjakan diri dengan pemandangan yang eksotis mulai dari spot bagi pecinta fotography, gardu untuk melihat keseluruhan pulau dari ketinggian, serta sejarah yang tidak kalah menarik. Oh iya, jangan lupa untuk mengajak keluarga atau saudara ya guys, karena Pulau Cipir juga cocok dijadikan tempat quality time keluarga. Rute transportasi Transportasi menuju kesanapun tidak terlalu sulit, jika kalian naik busway, bisa turun di halte Rawabuaya, lalu dilanjutkan dengan menyambung mobil plat hitam ( mobil carry ) sampai di Dermaga Muara Kamal dengan biaya ongkos sebesar Rp8.000