Langsung ke konten utama

Liputan Trip Pendakian Gunung Puncak Palasari#2 BackpackerJakarta

Haiii Sobat jalanku …

Kembali bersama liputan trip Backpacker Jakarta Pendakian Gunung tentunya,

Kali ini melakukan pendakian gunung yang nan- manja serta healing tipis-tipis yang letaknya hanya disekitar kota Bogor. Dimana tempat ini menjadi populer akhir-akhir ini untuk semua kalangan tentunya karna pesona alamnya, yaitu Puncak Palasari 1029 MDPL.

Puncak Palasari berlokasi di Kampung Cibakatul, Desa Cibadak, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Kemarin pada (9/Juni/2024) bersama BackpackerJakarta part 2 melakukan Pendakian Gunung Puncak Palasari dengan CP yaitu Idhay dan Iqbal, untuk mepo yang berada di Stasiun Depok Baru pukul 08.00 WIB, dengan sharecost itu sendiri sebesar Rp.179.086.

Dimulai perjalanan menuju basecamp kami menggunakan angkot dari Stasiun Depok Baru menuju Desa Sukamakmur dengan estimasi perjalanan sekitar 2-3jam ya (asli sih ini cukup jauh ya jadi jangan lupa bawa antimo agar tidak mual/mabok angkot), tapi selain angkot kita juga bisa menggunakan kendaraan pribadi (mobil/motor), tapi aku saranin sih motor deh biar bisa lebih cepat terus sat set gitu soalnya akses jalanan menuju bascamp itu jalanan cukup kecil dan semakin menanjak ke atas serta berkelak-kelok.

Setelah sampai di titik akhir dimana angkot kami harus berhenti, disana ada toilet dan warung jadi jangan khawatir sebelum tracking sebaiknya beli air minum/perbekalan dahulu seperti cemilan cepuluh untuk dibawa keatas ya. 



Sebelum melakukan Perjalanan kami melakukan breakfing terlebih dahulu lalu berdoa tentunya, setelah itu kamu mulai melakukan tracking menuju bascamp (gerbang pendakian).

Perjalanan ini cukup jauh juga sebenarnya sih, dimana jalanan-nya masih berupa tanjakan dengan jalan aspal berlobang tapi ada yang rata juga namun tidak semua nya mulus gitu jalanan aspalnya. Tetapi jalanan itu masih bisa di lewati dengan sepeda motor/mobil jeep ya. Disana masih banyak warga lokal yang lalu lalang dengan menggunakan motor, serta mobil jeep yang membawa barang lainnya.

Fyi guys buat kamu kaum mageran pengin sat set sebenarnya ketika mobil jeep itu lewat dijalanan tersebut kamu boleh menumpang mobil tersebut dengan cukup membayar sukarela dengan kesepakatan bersama untuk sampai lebih cepat menuju Pos Bascamp Puncak Palasari ya. Jadi silakan dinego ya guys hahahaha.



Setelah sampai di depan gerbang bertulisan
” SELAMAT MENDAKI ” berarti kita memulai tracking dengan jalanan yang cukup landai dan masih sangat mudah di lalui. Selain itu, selama perjalanan juga, kita selalu disuguhkan dengan pemandangan perkebunan yang cukup menawan tapi asli sih panas kalau trackingnya pas matahari lagi terik-teriknya hahaha karna minim pepohanan yang rindang.

 

Lalu setelah mendakati Puncak Palasari nanti kita akan bertemu semacem ilalang yang cukup cantik untuk jadi spot foto loh, jadi harus berfoto disana ya jangan lupa haha.

 

 

Pendakian Puncak Palasari ini terbilang sangat aman untuk disemua kalangan umur ya, sebab tracking masih muda diakses mulai dari pijakan kaki, jalur tanahnya dan ketinggian pun aman sekali, so buat kamu yang mau solo tracking-pun juga aman banget tanpa ada guide/warga lokal di jamin kamu bisa sampai diatas Puncak Palasari sebab akses jalur cuman 1 jalur jadi tidak akan bikin kamu tersesat.

Setelah melakukan tracking kurang lebih sekitar 40 menit, kami sampai diatas Puncak Palasari 1029 MDPL lalu kami berfoto bersama.



Fyi, diatas Puncak Palasari tidak ada warung sama sekali ya guys, walau menurut infonya ada tapi tidak menemukannya, jadi ketika kamu kesini pastikan kamu membawa cemilan/makanan/minuman sebaiknya untuk bersantai diatas Puncak Palasari nantinya.

Diatas puncak palasari sangat luas seperti lapangan bola hahahaa, jadi kita bisa memasang tenda/memasang flyseet untuk duduk bersantai sambil menikmati pemandangan kota dari atas puncak ya.



Setelah bersantai berapa saat diatas, kami turun kembali ke bawah tapi jangan lupa untuk mampir ke Curug Goleg ya, dimana letaknya tidak jauh dari tempat bascamp.

Curug Goleg ini katanya baru dibuka, cuman buat turun kebawah emang cukup lumanyan juga sekitar 10-15 menit. Curug Goleg emang bukan curug yang besar tapi cukup asri dan airnya jernih.

Fyi disana ada warung kecil yang menjual pop mie/per-mie-an yang bisa dimasakin langsung sama bapak-nya serta berbagai minuman yang bisa kita pesan,

Spot ini sangat cocok untuk bengong sambil mendengar desar desir aliran air Curug Goleg, so cukup ciamik setelah kaki ini dipakai untuk tracking kita bisa santai sambil berenang atau hanya mair air cantik (berendam kaki) gitu lho gais hahaa



Lalu kalau kamu capek untuk kembali kebawah seperti ketempat awal kita bisa memesan ojek pangkalan curug yang tersedia/booking jeep kembali agar bisa cepat sampai. semua dinego ya gais jangan lupa.

Sekian terima kasih semuanyaaa sampai jumpa dicerita selanjutnya yaa…

Salam BackpackerJakarta ❤

 

*LIST PESERTA PENDAKIAN GUNUNG PUNCAK PALASARI PART 2 BACKPAKCERJAKARTA*

*MEMBER*

1. Nining #38

2. ⁠Elsa #19

3. ⁠Sapta #1

4. ⁠Nuri #19

5. ⁠Farah #19

6. Desi #5

7. ⁠Nic #Semu

8. ⁠Fajar #22

9. ⁠Hilwa #47

10. ⁠Wulan 

11. Suci #45

12. ⁠Mansyah #22 

13. Winda #25

14. Yuri #18 

15. ⁠Chipaw #29

16. ⁠Putri #29

17. ⁠Nuraini #47

18. ⁠Farah #3

19. ⁠Sonia #39

 

*NON MEMBER*

1. Indah

2. ⁠Yafi

3. Rina

4. Ayenni

5. ⁠Trisya

6. ⁠Dhimas

7. ⁠Evi

8. ⁠Narifa

Hits: 41

Posting Liputan Trip Pendakian Gunung Puncak Palasari#2 BackpackerJakarta ditampilkan lebih awal di Backpacker Jakarta.



from Backpacker Jakarta https://ift.tt/ZARP4Uh
via IFTTT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertolongan Pertama Jika Tersengat Biota Laut

Meningkatnya minat wisatawan dalam negeri maupun mancanegara mengunjungi Indonesia juga berdampak terhadap meningkatnya pengunjung yang menelusuri keindahan biota laut Indonesia. Selain mempersiapkan barang bawaan, kalian juga perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang bahaya yang biasa terjadi didaerah tersebut guna mencegah jikalau ada kejadian yang tak diinginkan, salah satunya seperti tersengat binatang laut. Berikut tipsnya jika kalian tersengat binatang laut: 1. Ubur-ubur Banyak spesies ubur-ubur di Indonesia, mulai yang tak menyengat hingga yang bisa menyebabkan kematian. Ikuti langkah-langkah berikut jika tersengat ubur-ubur: Tetap tenang Keluar dari air laut Hentikan sengatan Lepaskan tentakel menggunakan kartu hindari kontak langsung Basuh dengan cuka atau backing soda, jika tidak ada gunakan air laut Basuh dengan air hangat selama kurang lebih 20 menit Balut luka dengan perban Segera ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut Note!!! Hinda

Melihat Wajah Bandar Udara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara Tersibuk kedua di Kalimantan

Bandara Syamsuddin Noor adalah salah satu bandara tersibuk kedua di Kalimantan setelah Bandara Sepinggan yang ada di Balikpapan Kalimantan Timur.   Bandara Syamsuddin Noor ini berada di kota Banjarmasin yakni Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Namun sama dengan Bandara-bandara lainya dimana Lokasi Bandara Ibu Kota Provinsi berada diluar Kota karena keterbatasan lahan dan juga menghindari pusat keramaian. Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor (Inggris: Syamsuddin Noor International Airport) (IATA: BDJ, ICAO: WAOO) letaknya ada di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan atau 25 km sebelah tenggara dari pusat Kota Banjarmasin, kota terbesar di Kalimantan, dan terletak 10 kilometer selatan-barat dari pusat Kota Banjarbaru. Jujur saat saya menginjakan kaki dibandara ini sedikit terkejut mengingat ukuran bandaranya yang sangat kecil, sempit dan sudah cukup tua, hal ininterlihat dari beberapa bangunan yang terlihat usang. Bandara Sy

Keindahan Pulau Cipir Yang Mempesona

Halo sahabat traveler! Bingung mau kemana weekend ini? Buat kalian yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk berlibur, maka salah satu objek wisata ini sangat cocok menjadi bagi kamu semua. Dimana? Pulau Cipir pasti nya yang terletak di Kepulauan Seribu . Oh iya, Pulau Cipir juga dikenal dengan kata Pulau Khayangan lhoh. Untuk mengexplore tempat wisata ini hanya dibutuhkan satu hari saja dan kalian sudah bisa memanjakan diri dengan pemandangan yang eksotis mulai dari spot bagi pecinta fotography, gardu untuk melihat keseluruhan pulau dari ketinggian, serta sejarah yang tidak kalah menarik. Oh iya, jangan lupa untuk mengajak keluarga atau saudara ya guys, karena Pulau Cipir juga cocok dijadikan tempat quality time keluarga. Rute transportasi Transportasi menuju kesanapun tidak terlalu sulit, jika kalian naik busway, bisa turun di halte Rawabuaya, lalu dilanjutkan dengan menyambung mobil plat hitam ( mobil carry ) sampai di Dermaga Muara Kamal dengan biaya ongkos sebesar Rp8.000