Langsung ke konten utama

Tektok Gunung Gede 2.958 MDPL via Putri

Kembali bersama aku dalam review perjalanan pendakian gunung. Btw siapa yang tak kenal dengan Gunung Gede 2.958 mdpl yang memiliki surga edelweis, yang berada di Alun-alun Surya Kencana.

Gunung Gede berlokasi di antara Kabupaten Bogor, Cianjur, Sukabumi. Gunung gede memiliki ketinggian 2958 Mdpl, dan untuk jalur favorit pendaki adalah via putri, salah satunya karena akses mudah dan akan melewati alun alun Surya Kencana. 

Apakah Gunung Gede cocok untuk para pemula? Dan apabila ditempuh hanya tektok saja, apakah bisa ? Nah akan kita temukan semua jawabannya.

Kemarin tgl (20 juli 2024), aku mencoba melakukan pendakian Gunung Gede Jalur Via Putri bersama-sama teman sekitar 15 orang.

Kami berangkat pada pukul 23.00 di Cawang, UKI menuju bascamp Gunung Gede Via putri, lalu kami sampai ditempat bascamp pada pukul 02.00 dini hari, tanpa banyak basa-basi langsung bergegas untuk mengambil tempat bascamp yang posisi paling atas ya, lalu beristirahat atau melanjutkan tidur kembali hingga menunggu adzan Subhu. 

Pukul 04.00 kami bersiap diri, merapikan mana yang harus dibawa, karna kami tektok jadi kami hanya fokus memakai tas kecil ya gais bukan carriel. Kami hanya membawa yang penting-penting saja seperti minuman, makanan untuk sarapan dijalan/pos nantinya, cemilan dll yang di butuhkan masing-masing. Walaupun Gunung Gede menyediakan banyak warung di setiap pos nantinya, tapi kalian juga harus bawa ya perbekalan masing-masingnya.

Start pendakian dari BC pukul 05.00 pagi, trek diawal masih landai dengan melewati ladang warga dengan gelap gulita namun tidak perlu khwatir jam segitu sudah banyak kok yang mulai melakukan pendakian juga. Lalu estimasi dari BC sampai pos 1 sekitar satu jam, tiba di pos pertama pukul 06.00, Lanjut perjalanan dari pos 1 pukul 06.00 hingga tiba di pos 2 pukul 07.00.

Trekking dari pos 1 menuju pos 2 masih terbilang landai dan sedikit akar, masih sangat aman dan bersahabat gaissss. Namun dari pos 2 menuju pos 3 lumayan jauh juga ya begitu banyak post banyangan ternyata, start dari pos 2 pukul 07.10 tiba di pos tiga pukul 08.30.

@desi.kurniawatiputri

Di pos 3 ini lumayan luas untuk beristirahat, dan fyi sebenarny dipost 3 ini sudah bisa dijadikan tempat untuk camp ya gaissss. Pukul 08.40 kita melanjutkan pendakian kembali menuju pos 4 dengan jalur yang penuh dengan akar menanjak dan sangat jauh, tiba di pos 4 pukul 10.35 estimasi jarak dari pos 3 ke post 4 sekitar dua jam.

@desi.kurniawatiputri

Medan menuju pos 4 ini cukup sulit, tapi untungnya ada banyak warung jadi tidak perlu khawatir jika kita air habis bisa sambil mencicipi semangka juga, intinya jangan lupa untuk jajan ya gaisss biar ga bosan selama ditrack yang panjang ini hahahaa.

Eits, jangan senang dulu, masih ada pos terakhir yaitu pos 5 yang berada di sisi timur Surya Kencana. Start dari pos 4 pukul 10.45 dengan jalan full akar yang menanjak, dan tiba di pos 5 pukul 11.20.

@desi.kurniawatiputri

Wah,finally! bisa sampai di alun-alun Surya Kencana dengan ribuan edelweis ditengah siang hari bolong ya wak hahahaa.menurtu-ku alun-alun suryakencana rasanya benar-benar luar biasa mungkin sangat syahdu kalo sore hari ketika mulai berkabut dan hawanya pun pasti mulai dingin ketika menjelang sore.

Setelah itu kami rest sekitar 10 menit, lalu mulai berjalan kembali menuju Puncak Gunung Gede. Starts dari Surya kencana pukul 11.30, dari info yang kami dengar dari Alun-alun Surya Kencana menuju puncak estimasi 1 jam kurang yaa tanpa bonus.

Ternyata Sumpah sih, ini BEST!!! part paling lelah dan capek itu ketika menuju Puncak Gunung Gede nurutku sih ya, dengan track jalannya aspal diawal lalu batu-batuan yang semakin mendaki keatas, dengan pohon-pohon menjulang rapat, tenaga-ku rasanya sudah sangat habis ya hahahaa, karna aku juga tidak sarapan yang berat dan baik yaa kemarin, jadi rasanya aku sempat merasa kunang-kunang dan sakit kepala pas diatas sana sehingga dimana dipart emang paling berat, yaaa tapi tetap mencoba terus donks, walau ya Allah..ya Allah capeeeeekkk masa ga bisa !!! WKWK

Apakah  menyerah ? Apakah turun lagi kebawah?

Ya jelas ENGGAK-LAH! hahahaha, ngapain aku yakin aku bisa, cuman ya capek aja woy, AMPPOOOONN MENYALA KAKI-KU WKWK.

@desi.kurniawatiputri

FINALLY!! pukul 12.20 sampai di Puncak Gunung Gede 2.958 mdpl, Setelah sampai, aku fokus untuk makan berat dulu karna energi sudah tidak ada lagi jadi tau diri ya.

setelah itu baru foto-foto. Namun kami tidak bisa terlalu berlama-lama Puncak Gunung Gede karna mengejar waktu agar tidak kemalaman.

@desi.kurniawatiputri

Starts 13.05 lalu turun kembali menuju Surken. Dengan jurus sat set dan tentunya ada rest tiap post yaa, lalu gas tanpa kendor kaki menerjang jalur serta orang-orang yang mulai ramaii sekali para pendaki dari bawah menuju atas itu nyata lho macetnya seperti gosipnya hahaha. Gunung Gede emang best sih, selalu ramai dikunjungin para pendaki soalnya.

Tapi tektok ini pilihan, yang mau camping juga silakan banget tapi jalur Gunung Gede emang panjang sih, asli kalo tektok ya hahahaa. So sangat kurang cocok untuk para pemula jujurly, lebih baik jangan kalau tektok tapi lebih baik camping dulu ya. Setelah 6 jam kurang lebih, End Finally tiba di bascmp awal pada pukul 18.45, So total PP 12jam lebih kurang ya. Definsi naik gelap dan turun gelap ya ini mah hahaa.

Saran dari aku ini tidak cocok untuk pemula ya, lalu jangan lupa untuk prepare fisik masing-masing juga agar tidak kaget, tidur yang cukup sebelumnya, untuk jalur Via Putri emang mungkin lebih freindly dari pada Via Cibodas, tapi Via Putri itu hanya bonus sampai dipos 2 paling sisanya selamat berjuang ya wkwkwk, 

Ingat jangan egois sadar akan kekuatan diri sendiri, jadi tetap jaga fisik sebelum mencoba jalurnya tapi tetap saling support teman juga ketika mendaki bersama yang pastinya, dan selalu hati-hati walau kita buru-buru dalam mengejar target seperti waktu ya tetap mawas diri baik di alam dan orang sekitarmu ya gaisss. Selamatttt mencoba ….

 

 

Views: 11

Posting Tektok Gunung Gede 2.958 MDPL via Putri ditampilkan lebih awal di .



from https://ift.tt/qJ7A4n5
via IFTTT

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertolongan Pertama Jika Tersengat Biota Laut

Meningkatnya minat wisatawan dalam negeri maupun mancanegara mengunjungi Indonesia juga berdampak terhadap meningkatnya pengunjung yang menelusuri keindahan biota laut Indonesia. Selain mempersiapkan barang bawaan, kalian juga perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang bahaya yang biasa terjadi didaerah tersebut guna mencegah jikalau ada kejadian yang tak diinginkan, salah satunya seperti tersengat binatang laut. Berikut tipsnya jika kalian tersengat binatang laut: 1. Ubur-ubur Banyak spesies ubur-ubur di Indonesia, mulai yang tak menyengat hingga yang bisa menyebabkan kematian. Ikuti langkah-langkah berikut jika tersengat ubur-ubur: Tetap tenang Keluar dari air laut Hentikan sengatan Lepaskan tentakel menggunakan kartu hindari kontak langsung Basuh dengan cuka atau backing soda, jika tidak ada gunakan air laut Basuh dengan air hangat selama kurang lebih 20 menit Balut luka dengan perban Segera ke rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut Note!!! Hinda

Melihat Wajah Bandar Udara Syamsuddin Noor Banjarmasin, Bandara Tersibuk kedua di Kalimantan

Bandara Syamsuddin Noor adalah salah satu bandara tersibuk kedua di Kalimantan setelah Bandara Sepinggan yang ada di Balikpapan Kalimantan Timur.   Bandara Syamsuddin Noor ini berada di kota Banjarmasin yakni Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan. Namun sama dengan Bandara-bandara lainya dimana Lokasi Bandara Ibu Kota Provinsi berada diluar Kota karena keterbatasan lahan dan juga menghindari pusat keramaian. Bandar Udara Internasional Syamsuddin Noor (Inggris: Syamsuddin Noor International Airport) (IATA: BDJ, ICAO: WAOO) letaknya ada di Kelurahan Syamsudin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan atau 25 km sebelah tenggara dari pusat Kota Banjarmasin, kota terbesar di Kalimantan, dan terletak 10 kilometer selatan-barat dari pusat Kota Banjarbaru. Jujur saat saya menginjakan kaki dibandara ini sedikit terkejut mengingat ukuran bandaranya yang sangat kecil, sempit dan sudah cukup tua, hal ininterlihat dari beberapa bangunan yang terlihat usang. Bandara Sy

Keindahan Pulau Cipir Yang Mempesona

Halo sahabat traveler! Bingung mau kemana weekend ini? Buat kalian yang sibuk dan tidak punya waktu banyak untuk berlibur, maka salah satu objek wisata ini sangat cocok menjadi bagi kamu semua. Dimana? Pulau Cipir pasti nya yang terletak di Kepulauan Seribu . Oh iya, Pulau Cipir juga dikenal dengan kata Pulau Khayangan lhoh. Untuk mengexplore tempat wisata ini hanya dibutuhkan satu hari saja dan kalian sudah bisa memanjakan diri dengan pemandangan yang eksotis mulai dari spot bagi pecinta fotography, gardu untuk melihat keseluruhan pulau dari ketinggian, serta sejarah yang tidak kalah menarik. Oh iya, jangan lupa untuk mengajak keluarga atau saudara ya guys, karena Pulau Cipir juga cocok dijadikan tempat quality time keluarga. Rute transportasi Transportasi menuju kesanapun tidak terlalu sulit, jika kalian naik busway, bisa turun di halte Rawabuaya, lalu dilanjutkan dengan menyambung mobil plat hitam ( mobil carry ) sampai di Dermaga Muara Kamal dengan biaya ongkos sebesar Rp8.000